Pages

Banner 468 x 60px

 

Rabu, 04 Januari 2012

Tips Menghadapi Ujian Semester

bagi kamu-kamu para mahasiswa yang mau ujian.. ada beberapa tips nih...

Siapkan waktu sebaik mungkin
Perhatikan urutan mata kuliah yang akan diuji lalu jadwalkan waktu untuk belajar. Mulailah untuk mempelajari mata pelajaran yang diujikan terlebih dahulu dari sekarang. Kurangilah waktu bermainmu, apalagi bagi kita-kita yang lg dirumah pastinya ingin main ke sini kesitu, ketemu ini ke temi itu. Sebaiknya hal-hal tersebut ditahan dulu karena kita kan masih punya waktu untuk bermain dan bernostalgia saat libur semester.

Pelajari kembali catatanmu setiap hari.
Setelah pulang kuliah, biasakan untuk mempelajari kembali catatanmu. Hal ini dilakukan agar kita benar-benar mengerti materi yang telah diajarkan diperkuliahan.

Lihat kembali tugas-tugas dan ulangan-ulanganmu yang sebelumnya.
Melihat kembali tugas-tugas dan ulangan-ulangan sebelumnya juga merupakan proses belajar. Coba lihat kembali dimana kalian melakukan kesalahan dan carilah jawaban yang benar. Siapa tahu apabila soal tersebut termasuk dalam soal yang diujikan, kalian sudah siap untuk menyelesaikannya dengan benar.

Buatlah kelompok belajar.
Dengan belajar berkelompok kalian dapat bertukar pikiran untuk membahas materi perkuliahan yang kurang dimengerti atau sulit. Tetapi pastikan bahwa saat belajar bersama, kalian memang memakai waktu tersebut untuk belajar dan bukannya mengobrol ataupun curhat^^.

Jaga kesehatan tubuh.
Waktu ujian  semakin dekat dan itu berarti kita harus belajar lebih giat hingga kadang lupa waktu. Karena terlalu lelah, kita jadi jatuh sakit, wah kalau begini kita jadi terhambat deh untuk proses belajarnya. Konsumsilah pula makanan yang bergizi yang mengandung 4 sehat 5 sempurna, jangan makan makanan yang sembarangan. Intinya, kita harus menjaga kesehatan tubuh agar kesehatan kita tetap prima sehingga akhirnya kita dapat menyelesaikan ujian dengan baik. Meskipun sebagai anak kost (yang selalu ngirit), cukupilah gizi setidaknya saat menjelang ujian karena kalau kalian sakit pastinya tidak bisa konsentrasi saat mengerjakan soal ujian bila perlu minumlah multivitamin.

"Aku bisa!"
Kadang kita merasa tidak "PeDe" (Percaya Diri) akan menyelesaikan ujian dengan baik. Buanglah jauh-jauh pikiran itu dan katakan pada diri sendiri bahwa kita siap menghadapinya dan akan mendapatkan nilai baik. Dengan mempunyai rasa percaya diri, kita akhirnya dapat berkonsentrasi penuh dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan.

Selesaikan belajar sehari sebelum ujian dimulai.
Biasanya kita sering tidak tidur dimalam ujian, sehingga akhirnya kita merasa mengantuk keesokan harinya, akibatnya kita tidak bisa menyelesaikan soal-soal ujian atau ulangan umum dengan baik. Agar hal ini tidak terjadi, usahakan untuk menyelesaikan belajar sehari sebelum ujian dimulai. Lalu istirahatlah yang cukup agar tidak mengantuk disaat ujian.


Datanglah lebih pagi.
Akhirnya hari ujian tiba. Usahakan datang lebih pagi ke kampus karena jika kalian datang terlambat yang akan kalian pikirkan adalah "semoga tidak terlambat." Karena merasa deg-degan, materi yang kalian sudah pelajari jauh-jauh hari jadi terlupakan deh. Bayangkan kalau kalian datang lebih pagi kan bisa mengulang catatan.

Tips yang terakhir yaitu Awali dengan Basmallah, Jalani dengan Senyuman dan akhiri dengan Hamdallah.

ada kutipan dari lagu sea games buat penyemangat^
aku di sini kau di sana, tak menghalangi jiwa kita
dalam hangatnya sang mentari satukan jiwa dan hati
berpegang tangan dalam mimpi yang sama
dan tunjukkan kepada dunia

kita bisa, kita pasti bisa
kita akan raih bintang-bintang
kita bisa jadi yang terdepan
bersatu bersama dalam satu irama
terbang meraih kejayaan, kita bisa!

menang kalah bukan masalah
persahabatanlah yang terhebat
senyuman hangat takkan terlupakan
dan tunjukkan kepada dunia


#dikutip dari berbagai sumber